Jumat, 15 Januari 2016

Resume Pertemuan II



Resume Pertemuan II
STATISTIKA INDUSTRI
13 Januari 2016

Pada pertemuan kedua ini kita membahas tentang pengertian sampel, populasi, statistic, dan statistika.
Berikut adalah silabus matakuliah Statistika Industri sampai UTS:
1. Mengenal statistik dan statistika dalam kehidupan sehari-hari, industri, dan bidang penelitian.
2. Mampu menyusun dan meringkas data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik.
3. Mengenal dan memahami konsep dasar teori sampling dan teknik sampling.
4. Mampu menyelesaikan persoalan distribusi sampling yang menyangkut rataan, proporsi maupun variansi.
5. Mampu menyelesaikan persoalan estimasi yang menyangkut rataan, proporsi maupun variansi.

Statistika Industri yang dipelajari oleh orang-orang Sistem Informasi bukan berhubungan langsung dengan mesin-mesin seperti halnya orang-orang Teknik Industri tetapi dengan orang-orang yang menggunakan mesin-mesin tersebut. Hasil dari mempelajari statistika industri adalah membuat software untuk diimplementasikan di industri. Industri yang kita pelajari tentang teknologi informasi khususnya software. Biasanya orang Sistem Informasi akan berhubungan dengan orang-orang yang ditandai dengan tanda x
Organisasi
secara structural
Kebijakan
x
x
x
Manajemen
x
x
x
Operasional
x
x
x
 secara fungsional
Logistik
Produksi
Sales    

Populasi merupakan keseluruhan objek yang kita amati sesuai dengan karakteristik tertentu. Sedangkan sampel adalah sebagian dari populasi yang kita ambil. Ketika kita mengambil sampel dari suatu populasi, kita harus mengambil sampel yang representative. Maksud dari representative adalah mewakili populasi. Agar sampel yang diambil mewakili populasi kita harus mengambil sampel secara random atau acak. Suatu sampel dikatakan  random jika peluang munculnya anggota sampel sama. Misal peluang munculnya angka 1 pada sebuah dadu adalah 1/6 begitu juga dengan peluang munculnya angka 2,3,4,5,ataupun 6.

Contoh data yang dikatakan tidak representative adalah misal ada tiga mesin pembuat kripik singkong. Kita diminta mengukur tingkat kerenyahannya. Kemudian kita mengambil sampel kripik singkong hanya di mesin yang bersuara halus dan hanya diwaktu kita baru masuk kerja saja. Kenapa? Karena tidak mewakili keseluruhan populasi dan juga peluang antar mesinnya menjadi tidak sama. Kemungkinan pengambilan di mesin yang bersuara halus lebih besar daripada mesin lain.


Dari penjelasan diatas kita dapat mengetahui pengertian dari statistic yaitu sebuah ukuran,angka,bilangan,nilai yang mewakili sampel contohnya adalah rata-rata sampel yang kita ambil. Sedangkan suatu ukuran,angka,bilangan,nilai yang mewakili populasi disebut Parameter Populasi. Apa hubungan antara statistic dan parameter populasi? Statistik digunakan untuk menduga atau mengetahui parameter populasinya.
Lalu apa pengertian statistika itu sendiri? Statistika adalah sebuah ilmu yang mengumpulkan, menyusun, meringkas, menganalisis, dan menyimpulkan data. Tujuan dari statistika adalah menggunakan informasi yang kurang sempurna untuk menyimpulkan data, membuat prediksi, dan membuat keputusan

Jika kita kembali kepada case tentang pengukuran tingkat kerenyahan kripik singkong, cara pengukurannya masih kurang efisien dikarenakan ketika Manager Produksi menanyakan tentang tingkat kerenyahan kita harus survey lagi dan tidak bisa menjawabnya langsung saat itu juga. Untuk mengefisiensikannya kita dapat membuat aplikasi untuk memasukkan database tentang kerenyahan kripik di setiap mesin dalam beberapa waktu yang diakumulasikan terus menerus. Jadi ketika Manager Produksi menanyakan tentang kerenyahan kripik singkong tersebut kita bisa langsung menjawabnya dengan melihat aplikasi tersebut. Tetapi kita juga harus mengukur kebutuhan, penerimaan, penolakan terhadap software kita sebagai tolak ukur keberhasilan software kita. Cara mengukurnya adalah dengan membuat kuisioner, tanya jawab, dan survey (yang pastinya harus sesuai uji validitas).

Referensi :
google.com

0 komentar:

Posting Komentar