Selasa, 26 Januari 2016

Resume Statin Pertemuan 3 dan 4



Pengertian Statistik dan Statistika
Statistik menurut Sudjana adalah suatu ukuran sebagai wakil dari kumpulan data mengenai suatu persoalan. Statistik berguna untuk memberikan gambaran secara kuantitatif suatu persoalan sehingga menjadi lebih mudah dimengerti. Penyajian suatu statistic berupa tabulasi, grafis, dan ukuran-ukuran sampel. Statistika menurut Bluman adalah metode ilmiah untuk mengumpulkan, mengorganisasi, meringkas, menganalisis, dan menarik kesimpulan dari data. Berbeda dengan statistic, dalam statistika hasil pengolahan data tidak hanya memberikan informasi statistic, tapi lebih jauh disertai dengan prediksi, estimasi, menafsirkan, menyimpulkan hingga membuat keputusan (informasi statistika).

Langkah-langkah metode ilmiah :
1. Identifikasi masalah
2. Hipotesis
3. Kumpulan data
4. Menguji hipotesis
5. Kesimpulan

Pengertian Statistika Deskriptif dan Statistika Inferensia
Statistika deskriptif adalah metode-metode yang berkaitan dengan pengumpulan dan penyajian suatu kumpulan data sehingga memberikan informasi yang berguna. Kegiatan Statistika Deskriptif adalah menyajikan data dan meringkas data. Tujuan dari menyajikan data adalah menyajikan dan mendeskripsikan data supaya terlihat lebih informative. Tujuan dari meringkas data adalah meringkas dan mendeskripsikan suatu ukuran kuantitatif yang dapat mewakili sekian banyak data, meliputi : ukuran kecenderungan central (mean, media, modus), ukuran letak (kuartil, desil, persentil, dsb), ukuran penyebaran (variansi, standar deviasi, range, dsb).
Statistika Inferensia menurut statistika deskriptif yang dilanjutkan membahas cara menaksir, menarik kesimpulan dan atau membuat keputusan terhadap suatu populasi berdasarkan pada sampel yang diambil secara acak. Generaslisasi statistic inferensia selalu bersifat tidak pasti, karena informasi diperoleh secara parsial dari suatu sampel. Kegiatan utama statistika inferensia meliputi distribusi sampling, estimasi atau menaksir, pengujian hipotesis, penarikan kesimpulan dan pengambilan keputusan.



0 komentar:

Posting Komentar