Selasa, 22 Maret 2016

Statistik dan Statistika



Pengertian Statistik
Statistik menurut Sudjana adalah suatu ukuran sebagai wakil dari kumpulan data mengenai suatu persoalan. Statistik berguna untuk memberikan gambaran secara kuantitatif suatu persoalan sehingga menjadi lebih mudah dimengerti. Penyajian suatu statistic berupa tabulasi, grafis, dan ukuran-ukuran sampel.
Penamaan Statistik
Penamaan dapat diberikan terhadap tabel, diagram, grafik maupun buku. Penamaan digunakan untuk memberikan keterangan atau menjelaskan mengenai persoalan dari suatu unit atau kelompok pengamatan. Contoh buku berjudul statistic kecelakaan berarti buku ini berisi kumpulan data tentang persoalan kecelakaan

Pengertian Statistika
Statistika menurut Bluman adalah metode ilmiah untuk mengumpulkan, mengorganisasi, meringkas, menganalisis, dan menarik kesimpulan dari data. Berbeda dengan statistic, dalam statistika hasil pengolahan data tidak hanya memberikan informasi statistic, tapi lebih jauh disertai dengan prediksi, estimasi, menafsirkan, menyimpulkan hingga membuat keputusan (informasi statistika).
INFORMASI STATISTIKA = INFORMASI STATISTIK + KESIMPULAN
Langkah-langkah metode ilmiah :
1. Pengumpulan data
2. Pengolahan data
3. Analisis dan kesimpulan

Pengertian Statistika Deskriptif
Statistika deskriptif adalah metode-metode yang berkaitan dengan pengumpulan dan penyajian suatu kumpulan data sehingga memberikan informasi yang berguna. Kegiatan Statistika Deskriptif adalah menyajikan data dan meringkas data. Tujuan dari menyajikan data adalah menyajikan dan mendeskripsikan data supaya terlihat lebih informative. Tujuan dari meringkas data adalah meringkas dan mendeskripsikan suatu ukuran kuantitatif yang dapat mewakili sekian banyak data, meliputi : ukuran kecenderungan central (mean, media, modus), ukuran letak (kuartil, desil, persentil, dsb), ukuran penyebaran (variansi, standar deviasi, range, dsb).
Contoh statistika deskriptif adalah
 
Pengertian Statistika Inferensia
Statistika Inferensia adalah mencakup semua metode yang berhubungan dengan analisis sebagian data untuk kemudia sampai pada peramalan atau penarikan kesimpulan mengenai keseluruhan kelompok data induknya. Statistika Inferensia mencakup statistika deskriptif yang dilanjutkan membahas cara menaksir, menarik kesimpulan dan atau membuat keputusan terhadap suatu populasi berdasarkan pada sampel yang diambil secara acak. Generaslisasi statistic inferensia selalu bersifat tidak pasti, karena informasi diperoleh secara parsial dari suatu sampel. Kegiatan utama statistika inferensia meliputi distribusi sampling, estimasi atau menaksir, pengujian hipotesis, penarikan kesimpulan dan pengambilan keputusan.
 

Mengapa Mahasiswa Perlu Belajar Statistika?
Menurut Bluman (2009) ada 2 alasan utama mahasiswa perlu belajar statistika
1. Disamping menjadi alat bantu dosen dalam mengajar, mahasiswa juga harus mampu membaca dan memahami berbagai studi literature professional. Karen mahasiswa dituntut untuk memiliki pengetahuan tentang terminology, symbol-simbol matematis sederhana, konsep dasar probabilitas dan distribusi sampling juga statistika.
2. Tidak hanya sebagai alat, statistika juga sebagai ilmu pembantu (auxiliary science) bagi peneliti. Untuk mencapai hal ini dituntut kemampuan tentang teknik sampling, merancanag percobaan, mengumpulkan, mengatur, menganalisis dan meringkas data, serta membuat prediksi yang handal atau perkiraan untuk penggunaan masa depan.

Latihan




0 komentar:

Posting Komentar